Rp 45 M DANA PEMBANGUNAN BENDUNGAN OSAKA BELUM BISA DIGUNAKAN

Proyek DI Kaiti Samo

Proyek DI Kaiti Samo

Riau – Rokan Hulu, 30/05 bidikkasus.com

Dana tambahan pembangunan kelanjutan bendungan Okak-Samo Kaiti (Osaka) atau dikenal Bendungan Sungai Duo-Sungai Limo di Rambah Samo Rp45 miliar dari APBD Riau 2013, belum bisa digunakan membangun kelanjutan proyek karena adanya permasalahan, dugaan penyalahgunaan pembangunan tahap I dan II.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Rohul, Ir H Sri Hardono MM, Kamis (30/5) mengakui, memang ada anggaran untuk kelanjutan pembangunan proyek irigasi Osaka Rp. 45 miliar dari APBD Riau, hanya saja, dana itu belum dapat digunakan karena adanya permasalahan pada pembangunan  tahap I dan tahap II.

“Dana provinsi disiapkan untuk kelanjutan pembangunan irigasi Osaka Rp. 45 Miliar, namun dana itu belum bisa dimanfaatkan, karena adanya dugaan permasalahan pada pembangunan tahap I dan II, sehingga dana Rp. 45 M tersebut belum digunakan untuk kelanjutan pembangunan proyek irigasi Osaka di Rambah Samo,”ungkap Sri Hardono.

Awalnya menurut Sri Hardono, pembangunan bendungan untuk irigasi pengairan pertanian di Rohul mendapat bantuan dana Loard Jepang, kemudian adanya permasalahan, lalu proyek itu kembali didanai melalui APBN pada tahap II, juga mengalami masalah, sebab pembangunannya tidak juga tuntas, kemudian diambil alih provinsi, direncanakan dilanjutkan pada tahap III dengan dana disiapkan Rp45 M. Tapi, karena ditahap I dan II adanya permasalahan, sehingga sampai kini dana Rp. 45 M dari APBD Riau belum bisa dimanfaatkan, guna kelanjutan proyek bendungan irigasi Osaka tersebut.

Sri Hardono sendiri mengaku, bahwa bendungan irigasi tersebut dibangun, awalnya untuk mengairi irigasi pertanian sawah masyarakat, bendungan itu, diharapkan sebagai pendukung pengairan pertanian di Rohul agar bisa tercapainya target swasembada beras di 2013 hanya saja, dua kali proyek dikerjakan, belum juga tuntas sehingga sampai kini bendungan tersebut masih terkendala dan terbengkalai. (E.Rambe)

Safe and Security Website Review

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below