Hasil Kerja Keras Terima Penghargaan Kihajar dari Kemendikbud RI

Catatan :  Rambe, bidikkasus.com

Bupati Rokan Hulu (Rohul), Drs. Achmad, MSi juga tokoh religius Negeri Lancang Kuning, memiliki cirikhas kepemimipinan, komitmen, konsisten, action  dan semuanya untuk rakyat, realita dari sikap itu ternyata mendapat respon poisitif dari pihak Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan  Republik Indonesia (Kemendikbud-RI).

 Respons itu diwujudkan dalam bentuk a ward di sektor pendidikan, Jumat (9/11) lalu  bersamaa 13 kepala daerah se Indonesia, a ward Anugerah Kihajar (Kita Harus Belajar) tahun 2012 diterima dari  Kemendikbud-RI, H Mohammad Nuh.
A ward ini, termasuk inisiatif untuk pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi  (TIK) sebagai education fasilitas, A ward itu diserahkan langsung Wamendikbud-RI, Musliar Kasim, di Plaza Insan Berprestasi Gedung A Kemdikbud, Jakarta, hanya Pemkab Rohul saja satu-satunya kepala daerah dari  Provinsi Riau.
Anugerah Kihajar itu merupakan penghargaan Kemendiknas pada daerah-daerah, karena dinilai berperan penting dan mendukung program Kemendikbud-RI dalam peningkatkan pemanfaatan TIK  untuk pendidikan, sebanyak 6 Gubernur, 8 Walikota/ Bupati dinilai sukses mendayagunakan TIK dalam dunia pendidikan di tingkat provinsi atau kabupaten/kota.
Wamendikbud-RI Musliar Kasim,  ucapkan selamat pada Bupati Rohul Drs. H. Achmad, MSi sebagai penerima penghargaan Anugerah Kihajar itu, berharap, daerah lain akan terpacu dalam mengembangkan TIK pada dunia pendidikan.
Di samping itu,  dimintanya, kepala dinas di seluruh Indonesia aktif mendukung program TIK untuk education fasilitas, karena perkembangan dan kemajuan teknologi tidak bisa dipisahkan dengan dunia pendidikan, pendidikan berbasis TIK,  Kemendikbud RI sudah lakukan kerja sama dengan Pustelkom.

Bupati Rohul Drs. Achmad, MSi didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) H. M. Zen, MPd, usai menerima penghargaan Anugerah Kihajar,  membalas ucaan terima kasih pada Mendikbud-RI pemberian penghargaan itu, pimpinan berjiwa humanis ini, menargetkan, ke depan, program TIK, secara terus menerus akan dikembangkan di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk ini, sebagai wujud kepedulian terhadap pendidikan.
“Penghargaan bagi Kabupaten Rohul ini, karena Pemerintah Pusat menilai kepala daerahnya komit mengembangkan program TIK bagi pendidikan dengan telah diluncurkannya Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK), terutama daerah terpencil,” ungkapnya.
Bidang pendidikan termasuk target prioritas progress bagi Pemkab Rohul, tiap tahun budget pendidikan dianggarkan lebih 20 persen dari total APBD Rohul, program TIK bidang pendidikan, terus di optimalkan khususnya di daerah terisolir, dilakukan secara bergiliran di 16 kecamatan di Rohul.
Tokoh Santun dan berwibawa ini menyebutkan, Kabupaten Rohul salah satu dari tiga Kabupaten dan kota di Riau, pihak Pemerintah Provinsi Riau sudah menjadikannya sebagai pilot project sekolah berbasis IT tahun 2013, tentu ini suatu kehormatan bagi Rohul, karena dipercaya dalam pengembangan IT untuk pendidian.
Meskinya, Siswa di Rohul dapat menggunakan TIK dalam proses belajar dan mengajar, selain menghindari terjadinya perbedaan mutu pendidikan dalam mengenal IT terhadap sekolah, berada di ibukota kecamatan dengan sekolah di pedesaan.
“Tahap pertama ini, dari seluruh jenjang pendidikan masing-masing satu sekolah mulai SD, SMP, SMA dan SMK akan dijadikan pilot project sekolah berbasis IT tahun mendatang, sekolah ditunjuk, nantinya di tes Team Provinsi Riau,” terangnya.
Kedepannya sekolah di Rohul dalam proses pembelajaran lebih banyak menggunakan IT, seluruh program study dan data, tidak perlu datang lagi ke Perpustakaan, mereka cukup mengakses di websit khusus pendidikan, penerapan sekolah berbasis IT, Pemkab sharing budget dengan Pemprov Riau. Para siswa mengggunakan komputer dalam mengikuti pelajaran,  diberikan guru Proses Belajar  Mengajar  (PBM) menggunakan TIK, antara guru dengan murid dapat berinteraksi dengan siswa dan guru dengan berbagai daerah di Indonesia melalui telekomfren.

Diluncurkannya Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK), terutama daerah sulit, memudahkan para siswa dan guru untuk mengakses internet dalam mengetahui informasi di bidang pendidikan.

16 Kecamatan di Rohul Terjangkau Jaringan TIK
Sebanyak 16 kecamatan  di Rohul sudah terjangkau jaringan TIK atau internet, sebab telah mendapat bantuan sebanyak 4 unit mobil internet, Sebagian kecamatan di Rohul jaraknya cukup jauh dari Ibukota Kabupaten, selama ini kecamatan sangat sulit dijangkau jaringan TIK Kecamatan Tambusai Utara, Bonai Darussalam, Rokan IV Koto dan Pendalian.
Untuk memenuhi pelayanan itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan bantuan sebanyak 4 unit mobil jaringan internet untuk dioperasionalkan menjangkau daerah-daerah yang belum dimasuki jaringan internet,  4 unit Mobil tersebut, 1 unit akan selalu standby di Kantor Dinas Perhubungan dan Komunikasi Informatika (Dishubkominfo) Rohul,  sedangkan 3 unit akan berkeliling di 16 kecamatan.

Mobil internet itu, dimanfaatkan para pelajar sudah memahami cara pemakaian Internet.

 “Kita imbau bagi kebutuhan jaringan internet dapat memanfaatkan mobil itu, namun harus dimanfaatkan sesuai kebutuhan dan petugas akan tetap melayani tiap warga jika memerlukannya,” terangnya.
Ditahun 2013 mendatang, Pemkab Rokan Hulu melalui Disdikpora,  kembali mengupayakan pengajuan 6 unit internet mobil lagi, nantinya difungsikan menjangkau 4 kecamatan.

Bupati Rohul Drs H Ahmad Msi di dampingi Wakil Bupati Ir Hafith Syukri MM mencoba fasilitas Mobil Internet

Target Rokan Hulu Terbaik di Provinsi Riau
Jika dilihat dari banyaknya jumlah penghargaan,  diterima Bupati Rokan Hulu Drs.H.Achmad Msi,  didampingi Wakil Ir H Hafit Syukri, MM, Kabupaten Rohul sudah menjadi,  terbaik di Provinsi Riau dan tidak perlu lagi menunggu terlaksananya visi dan misi yakni Menjadi Terbaik di Tahun 2016 Mendatang, dan ini fakta yang membuktikan.
Penerapan ajaran agama Islam pada masyarakat, siswa sekolah maupun pada pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Honorer di wilayah Pemerintahan kabupaten Rohul, Penerapan salat berjamaah bagi Kadis, Kaban, Kakan dan PNS maupun tenaga honor di lingkungan Pemkab Rohul, setiap salat Zuhur dan Ashar di Masjid Agung Madani Islamic Center.

Berbagai penghargaan diterima Bupati Rokan Hulu Drs H Achmad MSi ini, sehingga dirinya tercatat sebagai Bupati, kerap dianugrahi penghargaan Pemerintah Republik Indonesia atas prestasinya di berbagai bidang dalam membangun Kabupaten menuju kesejahteraan masyarakat.
Sehingga sosok pria Putra Asli Daerah rohul ini layak menjadi tauladan bagi pemimpin di Provinsi Riau.

Beberapa Penghargaan diterima Bupati Rohul:

  • Tanda Penghargaan Ksatria Bakti Husada Arutala, 2007
  • Piagam Penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, 2007
  • Piagam Penghargaan Bakti Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, 2007
  • Piagam Tanda Kehormatan dari Presiden RI, 2007
  • Piagam Tanda Penghargaan Lencana Darma Bakti,2007
  • Piagam Tanda Kehormatan dari Presiden RI, 2008
  • Piagam Penghargaan Presiden RI kepada Kabupaten Rokan Hulu dalam meningkatkan Produksi Beras di Atas 5 Persen, 2008
  • Piagam Penghargaan Presiden RI kepada Kabupaten Rokan Hulu dalam meningkatkan Produksi Beras di Atas 5 Persen, 2009
  • Sertifikat dari Lembaga Ketahanan Nasional, 2009
  • Piagam Penghargaan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, 2009
  • Piagam Penghargaan Juara III Lomba Kompanye PAUD Terpadu, 2011
  • Piagam Penghargaan Juara II Lomba Cerdas Tangkas, 2011
  • Piagam Tanda Kehormatan dari Presiden RI, 2011.
  • Anugerah Kihajar (Kita Harus Belajar) tahun 2012, dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI H Mohammad Nuh.

Biodata Bupati Rokan Hulu

Nama                           : DRS H ACHMAD, MSi
Tempat/Tgl-Lahir  : Pasir Pengaraian, 3 April 1955
Alamat                        : Jl. Hang Jebat, No.5 Kel Suka Mulia. Kec.Sail Kota Pekanbaru.

Istri                              : Hj. Magdalisni
Anak                            : Rizki Achmadi Putra
Pendidikan :

1. SD Negeri 02 Pasir Pengaraian, 1967
2. SMP Negeri 05 Pekanbaru, 1970
3. SMA Negeri 02 Pekanbaru, 1976
4. APDN Pekanbaru, 1980
5. IIP Jakarta, 1985
6. S.2 Program Studi Ilmu Administrasi dan Kebijakan Publik. Kerjasama Universitas Indonesia dengan Universitas Riau, 2003

Pendidikan dan Pelatihan Khusus Dalam Negeri
1. Latsarmil Korem 031/WB 1977
2. Spacad, Cimahi 1982
3. Suspimpemdagri Secapa TNI AD Hegar Manah Bandung 1989 – 1990
4. Sepadya Bukittinggi 1992
5. Spamen LAN RI Jakarta 1999
6. Lemhanas RI Jakarta 2008 (Peringkat 1)

Luar Negeri
1. Diklat Otonomi Daerah di New Zealand 1997
2. Studi Banding Manajemen Pemerintahan dan Perkotaan di Australia 1997
3. Studi Banding Parlemen Kuala Lumpur, Malaysia 1996
4. Singapure Cooperation Program With Regional Giverman Riau Propince 2002
5. Manajemen UK. Bid. Give Show di Tokyo 2003

Pengalaman Birokrasi
1. Kasubbag Pemdes Kabupaten Kampar 1982 – 1983
2. Camat Keritang Kabupaten Indragiri Hilir 1985 – 1986
3. Camat Kateman Kabupaten Indragiri Hilir 1986 – 1993
4. Camat Pekanbaru Kota, Kota Madya Pekanbaru 1993 – 1996
5. Asisten Tata Praja Kota Madya Pekanbaru 1996 – 1999
6. Kepala Kantor Sospol Kota Madya Pekanbaru 1999
7. Sekretaris DPD.II Pemilu Kota Madya Pekanbaru 1999
8. Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu 2000 – 2001
9. Penjabat Bupati Rokan Hulu 2000 – 2001
10. Staf Ahli Gubernur Riau Bidang Otda 2001 – 2002
11. Wakil Kadis Koperasi dan UKM Propinsi Riau 2002 – 2004
12. Kepala Dinas Pendapatan Daerah Propinsi Riau 2004 – 2006
13. Bupati Rokan Hulu April s/d Sekarang.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below